Dalam halaman ini kami transkrip dan terjemahkan khutbah singkat Syaikh Sholeh Al Fauzan hafizhahullah
(anggota Al Lajnah Ad Daimah) saat terjadi gerhana bulan di kota Riyadh
KSA, Sabtu kemarin, 15 Muharram 1433 H, 10/12/2011 setelah shalat
Maghrib. Semoga kita bisa mengambil nasehat beliau sebagai pelajaran
berharga.
Bismillahirrahmanirrahim. Segala puji bagi Allah, Rabb semesta
alam, shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, kepada keluarga dan
seluruh sahabatnya.
Dulu di zaman jahiliyah, orang-orang menyembah matahari dan bulan. Allah Ta’ala berfirman,
وَمِنْ
آَيَاتِهِ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ لَا تَسْجُدُوا
لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوا لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَهُنَّ إِنْ
كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ
“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah malam, siang,
matahari dan bulan. Janganlah sembah matahari maupun bulan, tapi
sembahlah Allah Yang menciptakannya, Jika Ialah yang kamu hendak sembah.” (QS. Fushilat: 41)
Di zaman jahiliyah dahulu juga terdapat anggapan ketika terjadi
gerhana matahari atau bulan, itu terjadi karena kematian atau lahirnya
seseorang. Dan memang dahulu terjadi gerhana di masa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
karena kematian anaknya, Ibrahim. Jadi orang-orang mengira gerhana itu
terjadi karena kematian anaknya. Itulah keyakinan jahiliyah yang masih
ada dahulu. Lantas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menerangkan,
إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ ، لاَ يَنْخَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ
“Matahari dan bulan adalah di antara tanda yang membuktikan
kebesaran Allah. Gerhana itu muncul bukan karena sebab kematian
seseorang”.[1]
Ketika terjadi gerhana, Allah ingin menakuti hamba-hamba-Nya.
Terjadinya gerhana bukanlah karena kematian seseorang. Allah hanya ingin
menakuti hamba-Nya kala itu. Ketika gerhana itu terlihat, maka
segeralah shalat dan berdo’alah sampai gerhana tersebut berakhir.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ ، لاَ يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلاَ لِحَيَاتِهِ
”Matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Kedua gerhana tersebut tidak terjadi karena kematian atau lahirnya seseorang.” (HR. Bukhari no. 1060 dan Muslim no. 904). Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam
di sini mengingkari aqidah jahiliyah yang keliru ketika terjadinya
gerhana matahari dan bulan. Dan hendaklah ketika terjadinya gerhana
tadi, setiap orang shalat dan perbanyak do’a kala itu sampai gerhana
berakhir.
Gerhana di masa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam hanyalah sekali terjadi di Madinah setelah hijrah. Ketika itu beliau keluar dengan rida’ (selendang) dengan penuh khusyu’ dalam keadaan takut pada Allah Ta’ala. Keadaan beliau kala itu seakan-akan terjadi kiamat. Perlu diketahui bahwa tidak ada yang mengetahui hari kiamat selain Allah Ta’ala.
Beliau kemudian shalat bersama para sahabatnya, yaitu shalat kusuf
(shalat gerhana). Beliau memperpanjang bacaan, ruku’ dan sujudnya. Lama
bacaan beliau seperti sedang membaca surat Al Baqarah. Setelah membaca
surat, lalu beliau ruku’ dengan ruku’ yang panjang seperti berdiri.
Setelah ruku’, (beliau tidak langsung sujud) namun melanjutkan dengan
membaca surat Al Fatihah dan surat yang panjang yang lebih ringan dari
yang pertama. Lalu setelah itu beliau ruku’ dengan ruku’ yang lebih
ringan dari yang pertama. Setelah itu beliau melakukan dua kali sujud.
Kemudian beliau berdiri dan melanjutkan raka’at kedua sama dengan cara
pada raka’at pertama namun dengan tata cara yang lebih ringan. Kemudian
setelah selesai raka’at kedua (seperti shalat lainnya), beliau salam.
Gerhana pun selesai, lantas beliau pun memberikan nasehat pada para
sahabatnya. Beliau memberi nasehat sesuai kondisi saat itu.
Intinya di atas, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan
shalat sebanyak dua raka’at. Setiap raka’at terdapat 2 kali ruku’ dan 2
kali sujud. Jadi keseluruhan raka’at shalat gerhana terdapat 4 kali
ruku’ dan 4 kali sujud. Demikianlah tata cara shalat gerhana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan
inilah riwayat yang shahih yang lebih kuat dari riwayat lainnya. Namun
memang ada berbagai riwayat yang menerangkan shalat kusuf (gerhana).
Akan tetapi, yang tepat adalah shalat gerhana yang beliau lakukan cuma
sekali. Sehingga tidak mungkin kita katakan kadang beliau melakukan cara
yang ini dan waktu lain beliau melakukan cara yang lain lagi. Ingatlah
bahwa beliau hanya shalat gerhana sekali saja, sehingga tata cara yang
menerangkan shalat gerhana hanyalah satu. Tata cara yang lebih tepat
adalah seperti yang diterangkan dalam hadits yang telah kami sebutkan.
Siapa yang telah melakukan seperti itu, maka alhamdulillah, segala puji hanya bagi Allah.
Adapun yang dilakukan oleh sebagian orang yang malah ketika
terjadinya gerhana, mereka menanti-nanti datangnya gerhana di padang
pasir dan meninggalkan shalat gerhana. Ini sungguh perbuatan orang bodoh
dan tanda kurangnya iman mereka. Padahal mereka bisa saja shalat.
Perlu dipahami bahwa boleh saja gerhana ini tanda awal-awal datangnya
musibah. Perlu dipahami, siapa yang mampu membuat sinar matahari akan
terus bersinar, begitu pula dengan rembulan? Siapa pula yang bisa
menjamin bahwa sinar matahari yang tertutup tadi bisa kembali, begitu
pula rembulan? Bukankah jika sinar keduanya itu hilang menandakan hari
kiamat? Bukankah bisa jadi peristiwa ini adalah awal-awal datangnya
adzab? Nas-alullaha al ‘afiyah (kita meminta pada Allah keselamatan).
Seorang muslim tentu tidak bisa campur tangan dalam hal-hal tadi,
namun ia hanya bisa tunduk dan pasrah serta beriman kepada Allah dan
Rasul-Nya. Para pakar memang bisa memperkirakan kapan gerhana itu
datang, dapat diketahui dengan perhitung-perhitungan ketika melihat
pergerakan bulan dan matahari. Hal ini dapat dikenal dari ilmu falak.
Namun hal ini tidaklah menghalangi manusia untuk shalat sebagaimana
diperintahkan. Gerhana juga menandakan bahwa sesuatu bisa berubah dengan
kehendak Allah, Dia-lah yang menjadikan gerhana tersebut ada.
Ringkasnya, kita wajib yakin, patut, dan takut pada Allah
saat keadaan seperti ini. Dan sekali lagi perlu dipahami bahwa gerhana
adalah di antara tanda-tanda kiamat. Perlu diketahui bahwa setelah nabi
berhijrah, gerhana hanya terjadi sekali, itu baru terjadi selama 10
tahun. Coba lihat sekarang, gerhana terjadi setiap tahun, yaitu terjadi
gerhana matahari dan bulan silih berganti. Ini semua dengan kehendak
Allah demi menakut-nakuti hamba-Nya. Nas-alullaha as salaamah wal ‘afiyah (kita meminta pada Allah keselamatan).
Namun ada sebagian orang yang menyangka terjadinya gerhana hanyalah
peristiwa alamiah karena perputaran matahari dan bulan saja. Lalu mereka
nyatakan bahwa yang meyakini gerhana itu terjadi karena Allah ingin
menakut-nakuti hamba-Nya sehingga diperintahkan shalat (gerhana), itu
hanyalah anggapan khurafat. Sungguh mereka yang menyatakan
semacam ini, berarti mengutarakan sesuatu kekufuran, tidak lain dan
tidak bukan itu adalah pernyataan kufur. Masa’ mereka menyatakan ini khurofat? Dan ini berarti menyatakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebarkan khurofat?
Kita berlindung pada Allah dari pemahaman sesat semacam itu. Lihatlah
bagaimana yang mengutarakan pernyataan sesat di atas benar-benar telah
tertipu dan benar-benar bodoh.
Kita mohon pada Allah keselamatan dan moga kita dihilangkan dari
berbagai kejelekan. Semoga Allah menganugerahkan pada kita taubat yang
ikhlas, dan moga Allah beri kita taufik dalam perkataan dan perbuatan.
Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, kepada keluarga dan seluruh sahabatnya.
[Khutbah Syaikh Shalih di atas diambil dari rekaman di tangan penulis saat membahas kitab fikih “Muntaqal Akhbar”, Bab “Batasan Aurat Laki-Laki”, di Masjid Jaami’ Al Amir Faishol bin Fahd
di Hayy Malqo,
Riyadh KSA, di hari Sabtu, 15 Muharram 1433 H, 10 Desember 2011.
Khutbah berlangsung pada menit 46:33 – 56:15. Durus sementara dihentikan
untuk pelaksanaan shalat gerhana kurang lebih setengah jam, dilanjutkan
dengan khutbah dari Syaikh Shalih Al Fauzan. Yang menjadi imam shalat
gerhana adalah salah satu murid senior beliau dan di dalam shalat
gerhana dibacakan tiga surat dalam dua raka’at: surat Al ‘Ankabut, surat
Ar Ruum dan setengah surat Luqman. Rekaman khutbah gerhana Syaikh
Shalih Al Fauzan dapat didengar secara langsung di web site pribadi
beliau di sini]
@ Sabic Lab, Riyadh KSA, 16 Muharram 1433 H
—
Penerjemah: Muhammad Abduh Tuasikal
Artikel www.muslim.or.id
Artikel www.muslim.or.id
0 komentar:
Posting Komentar