Tidur Cara Nabi SAW, Selain Sehat juga Berkah



SUNGGUH suatu kenikmatan luar biasa menjadi seorang Muslim. Semua aktivitasnya bernilai pahala dan membawa keberkahan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan hal-hal yang dianggap biasa pun oleh manusia pada umumnya, dalam Islam tetap terdapat teladan dan aturan-aturan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Satu di antaranya adalah perihal tidur. Dalam Islam, aktivitas tidur menandakan tanda-tanda kekuasaan Allah yang begitu agung. Allah menciptakan malam untuk istirahat, dan siang untuk beraktivitas (‘jihad’). Maka bagi seorang Muslim, malam dan siang juga menjadi kesempatan istimewa untuk khusyuk beribadah kepada-Nya serta bekerja dengan penuh kesungguhan.

Tetapi bagaimana tidur yang berkualitas, tidur yang benar-benar memberikan manfaat langsung baik pada fisik maupun psikis, inilah yang banyak belum diperhatikan oleh kebanyakan umat Islam.

Hakikat dan Fungsi Tidur
Tidur sangat membantu terciptanya keseimbangan dalam kehidupan individu. Dengan demikian tidur tentu bukan perkara yang sepele. Justru ketika melihat fungsi dan peran tidur bagi kehidupan dan kesehatan manusia, sudah sewajarnya kita memperhatikannya dengan seksama.


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Semangat terus untuk berbagi, mari kita cari langkah-langkah kecil yang besar manfaatnya bagi orang banyak, selamat beraktifitas semoga selalu berada dalam Berkah dan Lindungan dari ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala..


Selagi mampu, ada peluang, ada fasilitas, harus mau mancari langkah-langkah kecil yang besar manfaatnya bagi orang banyak, selamat beraktifitas semoga selalu berada dalam Berkah dan Lindungan dari ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala..
Kawan Semua, kita kembali bicara Sunnah Yuk… Jika Sebelumnya kita sudah berbicara mengenai Sunnah Berwudhu sebelum tidur, hari ini kita akan membahas lanjutan dari hadist tentang Sunnahnya untuk tidur Miring Ke Kanan.  

Hayooo Bagaimanakah Sikap tidur temen temen semua, Terlentang kah ? Terlungkup Kah ? Miring Ke Kiri ? Miring Ke kanan ?. Wah banyak variasi tidur yang bisa kita lakukan dalam malam gelap kita, namun sebagai orang islam ada baiknya kita melihat sebuah sunnah yang mungkin mulai ditinggalkan, Hal Sederhana yang memberikan banyak sekali manfaat bagi kita karena Sunnah Adalah wahyu ALLAH SWT dimana terdapat seluruh kebaikan di dalamnya yakni Tidur dengan Miring Kekanan.

Hendaknya kita tidur dengan miring ke kanan, ini serupa dengan hadis yang lalu pernah kita bahas mengenai Sunnah Berwudhu sebelum Tidur. Barra’ bin Azib berkata, “Nabi Muhammad صلی الله عليه وسلم bersabda kepadaku,
Apabila kamu datang ke tempat tidurmu (hendak tidur), berwudhulah seperti wudhumu untuk shalat, kemudian kamu tidur miring pada bagian kanan’

Sabda Lainnya didasarkan sabda Rasulullah: “Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.” (HR. Al-Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710).


Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

0 komentar:

Posting Komentar