Khasiat Air Zamzam `Ikuti` Niat Peminumnya

Ada banyak sekali keistimewaan yang Allah SWT berikan kepada air zamzam dan hal itu bahkan dijelaskan dalam Alquran dan hadits.
 
Beberapa keistimewaan dari air zamzam, yakni pertama, zamzam merupakan anugerah terbesar yang Allah berikan kepada Ismail dan ibunya, atas doa Nabi Ibrahim AS.

Kedua, zamzam merupakan air yang diberkahi. Ketiga, air zam-zam adalah air terbaik di muka bumi.

Selain itu, adapula sebagian orang yang meyakini bahwa air zamzam berkhasiat sesuai niat peminumnya. Lantas apakah hal tersebut benar?
Jawabannya, Ya. Salah satu keistimewaan lain dari zamzam yakni, bisa memberikan khasiat sesuai niat peminumnya. Ada beberapa hadits yang mendasari hal ini.

Dari sahabat Jabir bin Abdillah RA, Nabi SAW bersabda, "Air zamzam, berkhasiat sesuai niat peminumnya." (HR. Ahmad 14849, Ibn Majah 3178, dan dihasankan Syuaib al-Arnauth).

Para ulama pun pernah membuktikan langsung apa yang dijelaskan dalam hadits ini. Contohnya, Ibnu Abbas RA, ketika minum zamzam, beliau berdoa, "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang luas dan obat dari setiap penyakit." (HR. Abdurrazaq 9112). Allah pun mengabulkan doa beliau.

Kemudian, doa Ibnu Mubarok ketika meminum zamzam. Ibnu Mubarok, ulama ahli hadis zaman Tabi’ Tabiin, ketika minum air zamzam, beliau mengatakan, "Ya Allah, sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Air zamzam, berkhasiat sesuai niat ketika minum. Karena itu ya Allah, aku minum ini agar tidak kehausan di hari kiamat." (Mu’jam Ibnul Muqri’, 364)
Imam Hakim an-Naisaburi, penulis kitab Mustadrak pernah mengatakan, "Saya minum air zamzam dan saya memohon kepada Allah agar Dia memberiku bisa menghasilkan karya yang bagus."

Allah pun mengabulkan keinginan ini, dengan memberi banyak karya bagus dari al-Hakim, diantaranya al-Mustadrak ‘ala Shahihain.

Adapula cerita dari Al-Hafidz Ibnu Hajar. Beliau termotivasi untuk memiliki hafalan Quran seperti Imam Ad-Dzahabi. Diceritakan oleh as-Suyuthi, bahwa al-Hafidz Ibnu Hajar pernah mengatakan, "Aku minum air zamzam agar bisa memiliki kekuatan hafalan seperti ad-Dzahabi."

Dan kemudian As-Suyuthi mengatakan, "Beliau (Ibnu Hajar) pun memiliki tingkat hafalan seperti itu dan bahkan ditambah lagi oleh Allah.” (Thabaqat al-Huffadz, 1/109).

Melihat berbagai riwayat hadits ini terbukti bahwa air zamzam memang dapat berkhasiat sesuai niat para peminumnya. Namun tentu saja semuanya kembali lagi pada kehendak Allah SWT dan niat baik serta ketakwaan orang-orang yang meminumnya.


(Ism, Sumber: www.konsultasisyariah.com)

0 komentar:

Posting Komentar